Perhatikan Hal-hal Ini Agar CV Kamu Lolos Lamaran!
- 2 min read

Perhatikan Hal-hal Ini Agar CV Kamu Lolos Lamaran!

Sebelum memasuki dunia kerja, tentu terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah Curriculum Vitae (CV). Ini dia hal-hal yang harus diperhatikan sebelum kamu menyusun CV terbaikmu!

On this page
Introduction

Ternyata membuat CV yang menarik bagi perusahaan tidak mudah karena perlu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar CV yang dikumpulkan dilirik oleh rekruter.

Dalam melamar suatu posisi pekerjaan ataupun magang tentu merupakan persaingan yang ketat. Dengan banyaknya calon pelamar, seorang rekruter akan mengoptimalkan penyeleksian para kandidat seefektif dan seefisien mungkin. Oleh karena itu, sangat penting juga bagi pelamar untuk bisa membuat CV yang ringkas dan tetap menarik untuk dibaca.

Berikut merupakan hal-hal yang harus kamu perhatikan agar CV kamu lolos ke tahap selanjutnya!

Perhatikan jenis CV dengan posisi yang kamu daftarkan

Saat ini, ada dua jenis curriculum vitae yang digunakan seorang pelamar, yakni CV kreatif dan CV ATS. Memilih CV kreatif dan CV ATS merupakan hal yang krusial karena ini menunjukkan sisi kreatif dan sisi estetika jika melamar ke perusahaan yang bergerak di industri kreatif seperti media atau digital agency. CV kreatif akan lebih dilirik untuk menonjolkan kemampuan kreativitas dalam diri seseorang.

Harus pakai foto apa ya?

Nah, selain jenis CV yang akan dibuat, akan sangat lebih baik jika seorang pelamar menggunakan foto yang terlihat profesional dan menarik.

Ingat! Hal-hal yang kamu cantumkan harus jujur dan bisa ditanggungjawabkan

Kamu bisa menuliskan soft skills yang kamu miliki dan relevan dengan posisi yang kamu lamar. Selain itu, kamu bisa menggunakan metode STAR (Situation, Task Action, Result) sebagai panduan dalam mendeskripsikan keterampilan yang kamu punya.

Jadi, sekarang kamu sudah siap untuk melamar pekerjaan baru belum?