Bestee Elga Mendampingi Nasabah Budidaya Ayam Petarung? Intip Ceritanya Yuk Bestee!
- 2 min read

Bestee Elga Mendampingi Nasabah Budidaya Ayam Petarung? Intip Ceritanya Yuk Bestee!

On this page
Introduction

Halo Bestee!

Salah satu Bestee kita yang sedang menjalankan magang sebagai Social Media Officer bernama Elga berkesempatan untuk mengunjungi rumah nasabah BTPN Syariah yaitu Ibu Nina. Lokasi rumah nasabah tersebut berada di Dusun Banjarejo area Jawa Timur. Kunjungan ke rumah nasabah ini bukan sekedar aktifitas bertemu aja, loh,,,!

Elga bersama Fasil yang ditemaninya berkunjung ke salah satu rumah nasabah untuk mengetahui bagaimana kondisi sekaligus kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM Budidaya Ayam Petarung yang akan dijadikan kegiatan pengesahan oleh Persaudaraan Setia Hati Terate untuk dijadikan konsumsi bersama saat mereka mengadakan acara kelulusan (wisuda). Hal ini dilakukan untuk melihat keikhlasan dari masing-masing anggota untuk menyedekahkan ayam ini agar dapat dikonsumsi bersama warga setempat. Diharapkan dengan adanya pendampingan dari Fasilitator dan Elga sebagai SMO dapat membantu meningkatkan kapasitas dan kualitas terkait pengetahuan usaha nasabah melalui bimbingan, pelatihan dan juga konsultasi. Selain itu, Elga juga ditugaskan untuk mendokumentasikan kegiatan Fasil bersama Nasabah dalam pendampingan UMKM oleh program Bestee ini. Sampai sini apakah bisa dipahami Bestee, apa tujuan dari Bestee Elga melakukan pendampingan kepada nasabah?

Bestee penasaran kan aktivitas hari pertama bareng nasabah ngapain ajah? Elga bersama Fasilitator akan mendampingi Nasabah selama empat kali pertemuan, dimana pada pertemuan pertama dengan nasabah melakukan assessment terhadap UMKM budidaya Ayam Petarung milik nasabah ini, hari ke-dua dan ke-tiga memberikan materi dan juga mereview materi yang dipelajari, sementara di pertemuan ke-4 (akhir) yaitu melakukan penutupan dan pamitan dengan nasabah.

Tapi-tapi… Bestee pernah denger nggak nih ada UMKM Budidaya Ayam Petarung? Coba kita simak bareng-bareng Yuk! Ternyata, Nasabah kita ini memproduksi ayam petarung dari mulai pemilihan induknya, lalu penetasan telur, pemberian pakan dan vitamin, juga pelatihan fisik kesehatan hingga mental ayamnya nih, Bestee! Branding usaha yang dimiliki nasabah dengan memasarkan bisnisnya melalui media social antara lain melalui: Facebook, Instagram, pesan WhatsApp serta mulut ke mulut.

Keunggulan dari berbisnis ayam petarung milik nasabah ini, antara lain: Secara fisik lebih kuat dibandingkan jenis ayam lainnya, mental yang tangguh seta teknik bertarung yang baik, nih! Namun, usaha dari nasabah ini masih kurang dikenal oleh pasar luas dan kurangnya pengetahuan tentang manajemen usahanya nih bestee. Harapan dari Ibu nasabah ini beliau ingin meningkatkan produksi dan penjualan ayam petarungnya melalui bantuan dari kegiatan pendampingan oleh para Bestee kami yaitu Fasil dan SMO, nih Bestee!

Cerita tentang nasabah yang berbisnis Ayam Petarung ini semoga menjadi inspirasi para Bestee untuk mendirikan UMKM. Bersama Berdaya, Memberi Makna 😊